Pembuatan Bahan Ajar Pendidikan Seni Nusantara

Pembuatan bahan ajar Pendidikan Seni Nusantara (PSN) adalah program Lembaga Pendidikan Seni Nusantara (LPSN) untuk mewujudkan bahan ajar pelajaran Seni Budaya tingkat SMP (dan sederajat) dan SMA (dan sederajat) dalam bentuk buku dan materi audiovisual yang dapat dipakai siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar di kelas. Bahan ajar PSN disusun berdasarkan topik-topik kesenian, antara lain “Alat Musik Dawai”, “Tekstil”, “Gong”, “Topeng”, “Sistem Tulisan dan Kaligrafi”, “Tari Tontonan”, “Musik Populer”, “Tari Komunal”, “Teater”, dan “Pemukiman”. Bahan ajar ini dibuat berdasarkan data-data kesenian Nusantara yang dihimpun dan diseleksi oleh LPSN dari pelbagai sumber.

Metodologi dasar dalam menyusun bahan ajar ini adalah integral atau kontekstual dan partisipatif. Yang pertama, yaitu melihat seni bukan sebagai sektor yang berdiri sendiri, melainkan salah satu yang saling berhubungan dengan sektor kebudayaan lain seperti: adat, agama, kepercayaan, teknologi, lingkungan, ekonomi, dan politik. Kedua adalah pendekatan partisipatif, yang menitiberatkan pada peran dan partisipasi siswa  untuk memahami, mengapresiasi, dan mengasah keterampilan berkesenian dengan cara yang menyenangkan. Informasi tentang kesenian tidak untuk dihafalkan, tetapi untuk dipahami serealistis mungkin untuk menumbuhkan kesadaran multikultur. Dengan kata lain, untuk mengubah pendekatan “mengajar untuk mengetahui”, menjadi “belajar untuk memahami”. 

Semua topik buku PSN dapat diajarkan dengan beberapa cara: bacaan untuk anak, lengkap dengan gambar; uraian oleh guru; pengalaman praktek, sesuai dengan keahlian guru; dan contoh-contoh audiovisual (VCD), demonstrasi oleh seniman, dan kesempatan menonton pertunjukan atau pameran.  Fokus atau tujuan pengajaran adalah memberikan pada anak didik suatu pengertian dan penghargaan non-teknis terhadap jenis-jenis kesenian yang dijadikan topik.  Fokus non-teknis tersebut memungkinkan guru yang spesialis dalam salah satu bidang kesenian (tari, seni rupa, musik, teater) untuk mengajarkan juga materi dari bidang kesenian lain yang bukan spesialisasinya.  

BAHAN AJAR PENDIDIKAN SENI  NUSANTARA

SMP

Kelas 1

  • Semester 1: Tekstil, Penulis: Cut Kamaril Wardhani, Ratna Panggabean. Dilengkapi VCD 1 keping
  • Semester 2: Gong, Penulis: Esther L. Siagian. Dilengkapi VCD 3 keping

Kelas 2:

  • Semester 1: Musik Populer, Penulis: Mauly Purba, Ben Pasaribu. Dilengkapi VCD 2 keping
  • Semester 2: Tari Tontonan, Penulis: Endo Suanda, Sumaryono. Dilengkapi VCD 2 keping

Kelas 3:

  • Semester 1: Pemukiman, Penulis: Sutrisno Murtiyoso, Endo Suanda. Dilengkapi VCD 1 keping
  • Semester 2: Gambar dan Seni Rupa*

SMA

Kelas 1:

  • Semester 1: Alat Musik Dawai, Penulis: Irwansyah Harahap. Dilengkapi VCD 3 keping
  • Semester 2: Topeng, Penulis: Endo Suanda. Dilengkapi VCD 2 keping

Kelas 2:

  • Semester 1: Tari Komunal, Penulis: I Wayan Dibia, Fx Widaryanto, Endo Suanda. Dilengkapi VCD 2 keping
  • Semester 2: Sistem Tulisan dan Kaligrafi, Penulis: Abay D. Subarna, Herry Dim, Phillip   Yampolsky, Jabatin Bangun. Dilengkapi VCD 1 keping

Kelas 3:

  • Semester 1: Teater, Penulis: Putu Wijaya, Endo Suanda. Dilengkapi VCD 2 keping
  • Semester 2: Seni dan Media*

*Masih dalam proses.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.